10 Sep 2013

Inspirasi Entrepreneur

Sekarang adalah zamannya entrepreneurship. Semua orang ingin menjadi pengusaha. Seiring dengan hal itu, tumbuh beragam komunitas entrepreneur seperti komunitas Tangan Di Atas (TDA), komunitas womenpreneur, studentpreneur, mompreneur dan masih banyak lagi. 

Menjadi seorang entrepreneur ternyata tidaklah semudah yang dibayangkan. Entrepreneur yang sukses adalah sumber inspirasi bagi banyak orang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak entrepreneur sukses diundang ke berbagai acara untuk sharing atau berbagi pengalaman dalam berusaha. Melalui pengalaman dan kisah dibalik suksesnya seorang entrepreneur, orang lain bisa mempelajari hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menuju sukses.   

Banyak entrepreneur sukses diundang sebagai pembicara ke berbagai acara. Mereka diundang wawancara oleh media seperti radio maupun televisi. Mereka juga diundang ke acara seminar, motivasi, diskusi dan lain-lain. Namun sayangnya, karena kemampuan public speaking yang terbatas banyak dari entrepreneur ini hanya menceritakan jenis usahanya. Seperti memaparkan company profile, para entrepreneur bercerita kapan usaha mereka berdiri, ragam dan jenis produk yang dimiliki, kemana dan dengan cara apa mereka memasarkan produk dan hal-hal yang sifatnya deskriptif.  

Padahal dengan diundang sebagai pembicara, diharapkan entrepreneur ini bisa menginspirasi, menggugah semangat orang lain untuk berwirausaha dan memiliki semangat pantang menyerah. Muncul di media adalah kesempatan besar bagi entrepreneur untuk menyampaikan message atau ‘pesan’ tertentu. Menginspirasi adalah suatu pesan. Dengan mengetahui pengalaman dan kisah di balik suksesnya seorang entrepreneur, audience atau penonton bisa belajar
 
Pesan inspirasi entrepreneur tidak akan sampai jika si entrepreneur hanya memaparkan company profilenya. Untuk itulah seorang entrepreneur harus mempelajari keterampilan public Speaking. Belajar public speaking membuat seorang entrepreneur bisa mempersiapkan materi presentasinya dengan lebih terarah. Belajar public speaking juga membuat seorang entrepreneur bisa menyampaikan makna dari tiap pesan yang dibawakan. Dalam public speaking juga dipelajari cara membuat materi dengan tujuan yang spesifik, misalnya bagaimana membuat materi yang bisa menginspirasi banyak orang atau materi yang bisa mempersuasi orang dengan tujuan sales atau penjualan.