Sekarang adalah zamannya entrepreneurship. Semua orang ingin
menjadi pengusaha. Seiring dengan hal itu, tumbuh beragam komunitas
entrepreneur seperti komunitas Tangan Di Atas (TDA), komunitas womenpreneur,
studentpreneur, mompreneur dan masih banyak lagi.
Menjadi seorang entrepreneur ternyata tidaklah semudah yang
dibayangkan. Entrepreneur yang sukses adalah sumber inspirasi bagi banyak orang.
Oleh karena itu, tidak heran jika banyak entrepreneur sukses diundang ke
berbagai acara untuk sharing atau
berbagi pengalaman dalam berusaha. Melalui pengalaman dan kisah dibalik suksesnya
seorang entrepreneur, orang lain bisa mempelajari hal-hal apa saja yang bisa
dilakukan untuk menuju sukses.
Banyak entrepreneur sukses diundang sebagai pembicara ke
berbagai acara. Mereka diundang wawancara oleh media seperti radio maupun
televisi. Mereka juga diundang ke acara seminar, motivasi, diskusi dan
lain-lain. Namun sayangnya, karena kemampuan public speaking yang terbatas banyak dari entrepreneur ini hanya menceritakan
jenis usahanya. Seperti memaparkan company
profile, para entrepreneur bercerita kapan usaha mereka berdiri, ragam dan
jenis produk yang dimiliki, kemana dan dengan cara apa mereka memasarkan produk
dan hal-hal yang sifatnya deskriptif.
Padahal dengan diundang sebagai pembicara, diharapkan
entrepreneur ini bisa menginspirasi, menggugah semangat orang lain untuk
berwirausaha dan memiliki semangat pantang menyerah. Muncul di media adalah
kesempatan besar bagi entrepreneur untuk menyampaikan message atau ‘pesan’ tertentu. Menginspirasi adalah suatu pesan.
Dengan mengetahui pengalaman dan kisah di balik suksesnya seorang entrepreneur,
audience atau penonton bisa belajar
Pesan inspirasi entrepreneur tidak akan sampai
jika si entrepreneur hanya memaparkan company
profilenya. Untuk itulah seorang entrepreneur harus mempelajari
keterampilan public Speaking. Belajar
public speaking membuat seorang
entrepreneur bisa mempersiapkan materi presentasinya dengan lebih terarah. Belajar
public speaking juga membuat seorang
entrepreneur bisa menyampaikan makna dari tiap pesan yang dibawakan. Dalam public speaking juga dipelajari cara
membuat materi dengan tujuan yang spesifik, misalnya bagaimana membuat materi
yang bisa menginspirasi banyak orang atau materi yang bisa mempersuasi orang
dengan tujuan sales atau penjualan.